10.27.2011

Tempo Edisi Khusus "Sumpah Pemuda"


Bulan oktober tahun 2008, majalah tempo mencetak satu edisi khusus yang membahas tentang sumpah pemuda. Kumpulan tulisan ini memuat beberapa artikel yang menceritakan tentang tokoh2 besar yang tutur andil dalam terlaksananya kongres pemuda I & II berikut cerita tentang bagaimana bisa tercapainya kesepakatan konsep/teks sumpah pemuda.

Di antara tokoh yang diperbincangkan antara lain :
  • M.Hatta, Nazir Pamutjak dkk yang menyuarkan manifesto 1925 di Belanda.
  • Mohammad Tabrani Soerjowitjitro sebagai pelopor kongres pemuda pertama (30 April- 2 mei 1926)
  • Mohammad Yamin yang sejak kongres pemuda pertama telah mengajukan usul bahasa melayu sebagai basis dasar bahsa Indonesia.
  • Soegondo Djojopoespito yang dalam kepemimpinannya kongres pemuda ke II berhasil mencapai sebuah kesepakatan yang kemudian diberi nama "ikrar pemuda".
  • Sunario Sastrowardoyo, tokoh yang berperan aktif dalam dua peristiwa yang menjadi tonggak sejarah nasional baik itu manifesto perhimpunan indonesia 1925 maupun kongres pemuda I dan II.
  • W.R. Soepratman sebagi orang menciptakan sekaligus yang memainkan pertama kali partitur-partitur lagu Indonesia Raya.
  • Sie Kok Liong, sebagai seseorang yang memfasilitasi tempat terjadinya peristiwa bersejarah ini
  • Amir sjarifudin, Dr.Leimena.
  • serta Sundari (Raden Ayu Siti Sundari) dan Sujatin sebagai tokoh wanita dalam kongres pemuda I & II

Selain itu, edisi ini juga mengungkapkan tentang penemuan nama "Indonesia" serta artikel Ignaas Kleden tentang bahasa persatuan kita  "Bahasa Indonesia".

Kumpulan tulisan2 kecil ini mungkin belum cukup untuk menggambarkan keseluruhan situasi jalannya kongres pemuda I & II, tapi lebih dari cukup untuk memberikan pemahaman kepada kita bahwa sumpah pemuda bukan sekedar teks yang jadi dalam sehari tetapi sebuah ikrar yang telah melewati proses yang panjang. Setiap baitnya di capai lewat perbincangan serius oleh intelektual-intelektual muda saat itu.

Dan tentu saja besar harapan dari mereka2 yang terlibat dari peristiwa besar tersebut, bahwa kepemimpinan hari ini dan rakyatnya sebagai  pemegang tongkat estafet bangsa paham akan arti 3 bait "Sumpah  Pemuda", dan mentranformasikannya dalam aksi nyata. Membanggakan nama bangsa dengan sebagai terbersih yang dari korupsi, tekompak walau dalam heterogenitas yang tinggi dan tentu saja terkuat karna bisa menjaga keselamatan "Warga Negara Indonesia".
...."Persatuan adalah titik tolak sekaligus titik tuju hidup sebuah bangsa"...


download here


P.S: 27/10  bertepatan dengan hari blogger nasional... so publish ur blog

10.23.2011

3 iklan Google Chrome Indonesia

Everyone here has the sense that right now is one of those moments when we are influencing the future.
Steve Jobs

"Jadikan Internet Seluas Kreasimu" adalah tag line dari iklan google chroom yang dilmuncul di layar kaca Indonesia.  Mulai sejak september 2011 hingga kini sudah ada 3 adverticement, yang  mana masing-masingny mengusung ide yang berbeda tentang pemamfaatan produk-produk google.

Iklan yang pertama "Blood4life", mengusung tentang aksi sosial dari seorang @justsilly dalam mencari donor darah bagi mereka yang sangat membutuhkanny. Dalam ilustrasinya browser google chrome di jadikan media ntuk mencari informasi seputar donor darah, membuat jaringan dengan memanfaatkan Google+, mengumpulkan orang-orang yang membutuhkan donor darah, dan menyalurkan bantuan dari orang yang bisa mendonorkan darah melalui gmail.


Iklan kedua mengsung ide kepedulian kepada lingkungan. Gerakan "Indonesia berkebun" lebih terlihat sebagai ajakan untuk melakukan penghijauan, dengan memfaatkan lahan-lahan kosong di dalam kota. Fasilitas youtube digunakan untuk mendapatkan tutor tentang bagaimana menbudidayakan tanaman yang benar. Sedangkan google maps di gunakan untuk pemetaan daerah yang dijadikan lahan penghijauan.


Yang terakhir "Lia Terasayang". Yang  satu ini rada beda dari 2 iklan sebelumnya. Penggunaan Google mail serta youtube oleh seorang ayah untuk mengabadikan moment2 bersama putrinya sejak mulai dari lahir. Ditampilakan dengan kata2 menyentuh, gaya penceritaan yang menarik membuat iklan ini menjadi luar biasa.

Walau hanya sebuah digital campaign, tapi mungkin inspirasi2 seperti ini yang kita butuhkan untuk menjawab dari tantangan2 Steve Jobs. Nilai tambah tekhnologi untuk masa depan hanya bisa didapatkan pemamfaatan yang bijak serta orintasi yang jelas. Jadi tunggu apa lagi, jika anda punya ide bagus dan postif  realisasikan lah dengan google...c'ya


P.S: Youtube sebagi penyelia video online merupakan perusahaan yang sudah diakusisi google sejak oktober 2006 





javascript:void(0)

10.19.2011

naruto 560 (download)


waks ....uchiha mandara is alive again. and he have an rinengan.
..what the hell in the comics..


download here

10.13.2011

So sad.... it's a "HOAX"


Belakangan di facebook marak penyebaran sebuah foto tentang bagaimana menyedihkannya keadaan di Afrika. Dalam gambar di perlihatkan bagaimana seseorang terpaku melihat jasad seorang balita di dalam liang tanah yang tidak terlampau dalam.
Dalam deskripsi foto di tuliskan 

Teruskan Pesan ini, Anda tidak dikenakan biaya layanan apapun, tapi untuk UNICEF adalah 5 euro. Sebelum Anda membuang sisa makanan dalam mangkuk Anda, silahkan berpikir tentang orang-orang kelaparan. Di Afrika dan tempat lain di dunia, ada anak-anak kelaparan, setelah perjanjian ditandatangani antara UNICEF dan MSN, untuk anak-anak hilang dan anak-anak lain, sebuah program untuk membantu pemula di buat.Berapa kali Anda memuat dan membagi gambar ini untuk teman, sebanyak itu di kali 5 euro, itulah yang Unicef akan terima. mari kita mambantu anak-anak sekarat agar bisa hidup. Janganlah kita lupa bahwa setiap detik, mereka memiliki anak yang mati kelaparan.
Ini hanya senilai hampir 2 menit dari kehidupan Anda, tetapi untuk anak-anak Afrika, ini untuk seluruh hidup mereka.
  

Namun yang mengherankan, tidak secuilpun ada pemberitaan resmi dari UNICEF tentang persoalan ini, baik lewat website resminya http://www.unicef.org/ atau  di account resmi UNICEF http://www.facebook.com/unicef 
.
Saya sangat berharap berita ini bukan merupakan HOAX, akan tetapi sejumlah orang dalam d forum2  mengindikasikan kalau berita ini sama modusny dengan yang terjadi di tahun 2005, yang kemudian dilansir Haxkiller.fr sebagai berita palsu. Saat itu beredar foto berikut pesan yang berbunyi:



"MSN, dan Microsoft akan telah menjanjikan uang untuk Unicef ​​setiap kali seseorang akan mengambil pesan ini di internet" 



,dalam konfimasinya pihak UNICEF mengatakan


"Kami telah menerima pesan Anda dan kami ucapkan terima kasih. Kami memberitahu Anda bahwa e-mail yang beredar di internet dan mengklaim membantu  UNICEF untuk anak-anak di dunia, bukan bagian dari operasi yang diprakarsai oleh UNICEF "
Mereka mungkin terinspirasi oleh sebuah program nyata yang selesai pada bulan Juni 2000, dimana pengguna didorong untuk klik pada banner pada situs untuk MSN atau membayar uang untuk UNICEF, versi baru ini adalah tipuan, MSN  tidak memiliki cara untuk monitor pengguna lain selain layanan nya sendiri. 
Bagaimanapun pada pengguna internet yang terniat membantu anak-anak di Afrika dan tempat lain dapat mengunjungi UNICEF untuk menyumbang atau untuk mengikuti even yang sedang berlangsung.

Saya sendiri yakin ada tujuan mulia yang di ingin dicapai oleh pembuat hoax ini, tapi tetap saja tidak dengan menjual kemiskinan seperti ini...kita harus prihatin..kita harus sadar sedarnya kalau hal ini harus di perjuangkan dengan niat yang benar dan cara yang benar pula.

 

related link:
http://www.hoaxkiller.fr/hoax/2005/unicef-msn.htm
http://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=297731956909947&id=69502133435

 
PS: I really hope "that i am wrong"

10.07.2011

Game Explorion ny Pocari Sweat


Hmm..bosen...ga punya acara buat ngabisin akhir pekan, nah mungkin postingan sy kali ini bisa membantu agan-agan skalian. Naga-naga ny masih soal game, tapi ada yang beda.... game yang satu ini berhadiah Voucher belanja senilai ratusan ribu Rupiah, Nexian Cosmic Journey, dan untu k grandprize ny liburan gratiz ke tokyo...Wahhhhh *Bounty hunter ceria*

Nama ny "Explorion", sebuah game bergenre petualangan dengan misi memburu dan mengumpulkan benda-benda dari seluruh penjuru dunia.

Nah...dalam ceritanya kita akan berperan sebagai Aelke, seorang gadis yang kehilangan sepeda  rakitan ayah ny (mirip sepeda vixie gt). Karena merasa bersalah, Aelke membulatkan tekat nya untuk merakit sebuah sepeda berdasarkan blue print yang di tinggalkan ayahnya. Tapi tentu saja itu semua tidak mudah, karena part-part untuk membangun sepeda yang sama persis kita membutuhkan barang yang tersebar di banyak kota di dunia...

Disini kita diminta jeli dalam menyelesaikan quest2 yang berhubungan dengan tempat-tempat unik, bahasa serta kebudayaan khas masing2 kota. Jadi pastikan lo pada nyoba.

Ps: kalo liat tokoh Aelke yg kita perankan dalam game ini lw pada pasti bakalan ingat jingle pocari sweat...

...♪♫ hateshinai ao no mukou e
bokutachi no mirai wa hirogaru
beautiful days kimi to boku
yorokobi o,
cma hri bisa kringatan kyak gni bsok juga..

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More