10.13.2011

So sad.... it's a "HOAX"


Belakangan di facebook marak penyebaran sebuah foto tentang bagaimana menyedihkannya keadaan di Afrika. Dalam gambar di perlihatkan bagaimana seseorang terpaku melihat jasad seorang balita di dalam liang tanah yang tidak terlampau dalam.
Dalam deskripsi foto di tuliskan 

Teruskan Pesan ini, Anda tidak dikenakan biaya layanan apapun, tapi untuk UNICEF adalah 5 euro. Sebelum Anda membuang sisa makanan dalam mangkuk Anda, silahkan berpikir tentang orang-orang kelaparan. Di Afrika dan tempat lain di dunia, ada anak-anak kelaparan, setelah perjanjian ditandatangani antara UNICEF dan MSN, untuk anak-anak hilang dan anak-anak lain, sebuah program untuk membantu pemula di buat.Berapa kali Anda memuat dan membagi gambar ini untuk teman, sebanyak itu di kali 5 euro, itulah yang Unicef akan terima. mari kita mambantu anak-anak sekarat agar bisa hidup. Janganlah kita lupa bahwa setiap detik, mereka memiliki anak yang mati kelaparan.
Ini hanya senilai hampir 2 menit dari kehidupan Anda, tetapi untuk anak-anak Afrika, ini untuk seluruh hidup mereka.
  

Namun yang mengherankan, tidak secuilpun ada pemberitaan resmi dari UNICEF tentang persoalan ini, baik lewat website resminya http://www.unicef.org/ atau  di account resmi UNICEF http://www.facebook.com/unicef 
.
Saya sangat berharap berita ini bukan merupakan HOAX, akan tetapi sejumlah orang dalam d forum2  mengindikasikan kalau berita ini sama modusny dengan yang terjadi di tahun 2005, yang kemudian dilansir Haxkiller.fr sebagai berita palsu. Saat itu beredar foto berikut pesan yang berbunyi:



"MSN, dan Microsoft akan telah menjanjikan uang untuk Unicef ​​setiap kali seseorang akan mengambil pesan ini di internet" 



,dalam konfimasinya pihak UNICEF mengatakan


"Kami telah menerima pesan Anda dan kami ucapkan terima kasih. Kami memberitahu Anda bahwa e-mail yang beredar di internet dan mengklaim membantu  UNICEF untuk anak-anak di dunia, bukan bagian dari operasi yang diprakarsai oleh UNICEF "
Mereka mungkin terinspirasi oleh sebuah program nyata yang selesai pada bulan Juni 2000, dimana pengguna didorong untuk klik pada banner pada situs untuk MSN atau membayar uang untuk UNICEF, versi baru ini adalah tipuan, MSN  tidak memiliki cara untuk monitor pengguna lain selain layanan nya sendiri. 
Bagaimanapun pada pengguna internet yang terniat membantu anak-anak di Afrika dan tempat lain dapat mengunjungi UNICEF untuk menyumbang atau untuk mengikuti even yang sedang berlangsung.

Saya sendiri yakin ada tujuan mulia yang di ingin dicapai oleh pembuat hoax ini, tapi tetap saja tidak dengan menjual kemiskinan seperti ini...kita harus prihatin..kita harus sadar sedarnya kalau hal ini harus di perjuangkan dengan niat yang benar dan cara yang benar pula.

 

related link:
http://www.hoaxkiller.fr/hoax/2005/unicef-msn.htm
http://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=297731956909947&id=69502133435

 
PS: I really hope "that i am wrong"

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More