10.09.2013

Windsurfer

 Ada banyak cara untuk meningkatkan kualitas koneksi wifi. Beberapa yang sering diterapkan diantaranya adalah: dengan cara merubah regulatory domain+menaikkan nilai power peripheral wifi card, menggunakan booster, dan juga dengan menambahkan antenna.
Winsurfer antenna adalah salah satunya. Antenna jenis ini lebih tepat dikatakan sebagai extend dari omni antenna yang bisa dengan mudah lepas-pasangkan. 
Selain itu kalau ditilik dari segi bentuk, sudah bisa ditebak kalau ide pembuatan antenna ini adalah menambahkan plat reflektor pada omni antenna. Tujuannya tentu saja agar lebih banyak dan fokusnya signal yang dikumpulkan unit.
Posting kali ini mungkin cuma sekedar dokumentasi tentang antenna winsurfer yang saya kerjakan bulan lalu. Namun jika tertarik untuk mencoba, anda bisa mengunduh layoutnya disini. Caranya tinggal di print out pada karton tebal, lalu lapisi dengan alumunium foil.
....atau jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik anda bisa menggunakan plat dari kaleng bekas ( minuman/susu ) dan menggunakan hasil print out sebagai pola dasarnya....


preview

spoiler 1. Saya menggunakan plat bekas kaleng susu dan dari segi bentuk mungkin berbeda dari pola yg ada.

spoiler 2. Dua tahun yg lalu saya pernah membuat antenna serupa, namun karena pengaruh lembabnya tempat penyimpanan menghasilkan korosi yg luar biasa parah. Pengecatan mungkin jadi solusinya.

spoiler 3. Mengingat hanya menggunakan satu penyangga, maka saya menempelkan potongan sedotan berdiameter besar pada lubang antenna agar lebih stabil dan tidak mudah goyah.  

spoiler 4. Dan ya...hasilnya seperti ini.
    Slamat mencoba....^^

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More